Antologi Karya Jurnalistik dan Sedikit Ceritanya

                 Halo pengunjung blogku. Unggahan artikel kali ini akan berisi tentang karya-karya tulisku yang pernah dimuat di media online dan cetak; khusus untuk artikel jurnalistik. Sebelumnya aku mau cerita sedikit nih tentang kegemaranku di dunia jurnalistik. Sejak SMP aku sudah tertarik dengan kepenyiaran teman-teman. Namun terhalang, sebab aku pernah menjadi Rosi yang pemalu sebelum akhirnya menjadi Rosi yang sekarang. Masih pemalu juga sih, tapi lumayan berkurang lah. Berkat media sosial yang sebenarnya bisa jadi tempat berlatih menghadapi orang secara virtual.

                Saat SMA aku tergabung menjadi tim jurnalis utama di sekolahku, sekaligus menjadi delegasi sekolah ke komunitas jurnalis di kotaku. Namanya Kojurda (Komunitas Jurnalis Muda) Kediri Raya. Di sana aku diajari banyak hal tentang media dan produksinya. Aku dan timku pernah kunjungan studi di salah satu media ternama di Indonesia, Jawa Pos. Kami belajar bagaimana berita tersebut didapatkan wartawan, ditulis, disunting editor, hingga kami praktek menjual koran di pukul 6 pagi. Seru sekali. Oh iya, aku dulu dapat penghargaan sebagai delegasi dengan konten terbaik lo. Wkwkwk. Tahun 2018 lalu dapat kesempatan main lagi ke sana untuk lomba. Alhamdulillah.

Tidak berhenti di media cetak saja, aku mendapat kesempatan untuk belajar lebih jauh tentang pertelevisian. Oh iya, fyi Kojurda ini di bawah naungan televisi lokal yakni KSTV. Nah saat itu ada satu program yang diadakan khusus untuk anak-anak muda gitu, dan dapatlah kesempatan mengisi di situ. Asik banget. Lanjut-lanjut, aku juga mendapat kesempatan untuk kunjungan studi lagi nih. Kali ini di televisi nasional, ANTV, Trans TV/ 7, dan Metro TV. Kalian ingat program Pesbukers, Show Imah dan Empat Mata (belum ada bukan) tidak? Nah, aku dan kawan-kawan jadi penonton bayaran yang di bayar tour studio. Asik banget. Diizinin main kamera TV, lihat bentuk script, praktek reporter, dan lain-lain.

Dari kisahku itulah, alasan mengapa aku tertarik di jurnalistik kreatif. Namun, karena satu dan lain hal, saat kuliah aku hanya fokus ke kepenulisannya saja. Tertunda mendalami disiplin ilmu itu lebih lanjut. Cukup. Berikut beberapa karya jurnalistik milikku yang telah diterbitkan media.

1. Karya dalam surat kabar




2. Karya dalam media daring







Catatan: akan terus diperbarui.



Komentar